18.5 C
Mataram
Monday, July 15, 2024

Hadapi Cuaca Ekstrim, PLN Imbau Masyarakat Gunakan Listrik Secara Aman

Must read

Mataram, NTB – Dalam rangka menjaga keandalan pasokan listrik dan keselamatan masyarakat, PLN Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) mengeluarkan imbauan waspada terkait dengan cuaca ekstrim yang diperkirakan masih akan mempengaruhi wilayah provinsi Nusa Tenggara Barat.

General Manager PLN UIW NTB, Sudjarwo mengatakan bahwa menurut prediksi BMKG, El Nino terus bertahan pada level moderat hingga Desember-Januari-Februari 2024. Untuk itu, PLN mengambil langkah-langkah proaktif demi menjaga kualitas pasokan listrik dan memastikan layanan listrik tetap tersedia untuk masyarakat.

“Kami menghimbau kepada masyarakat dan pelanggan untuk tetap waspada dan mempersiapkan diri menghadapi cuaca ekstrim yang berpotensi terjadi. Pastikan instalasi listrik dalam kondisi baik dan aman, amati lingkungan sekitar terutama pohon yang tumbuh berdekatan dengan jaringan listrik, hindari penggunaan listrik berlebihan terutama pada saat beban puncak, serta selalu siap dengan perlengkapan lampu darurat yang diperlukan,” kata Djarwo.

“Apabila membutuhkan penanganan petugas Teknik PLN, pelanggan maupun masyarakat bisa melaporkan melalui PLN Mobile. Di aplikasi tersebut pelanggan juga bisa mengajukan permintaan untuk merapikan instalasi pelanggan melalui menu ListriQu”, tuturnya.

Di sisi internal, PLN telah memeriksa dan memastikan keandalan infrastruktur listrik, termasuk gardu distribusi, saluran transmisi, dan fasilitas kelistrikan lainnya. PLN juga telah memobilisasi personil tambahan untuk merespons gangguan yang mungkin terjadi akibat cuaca ekstrim, berupa suhu panas dan hujan angin yang datang secara tiba-tiba. Personil ini akan siap siaga untuk memperbaiki gangguan dengan secepat mungkin.

“Kami juga telah menyiapkan langkah-langkah yang diperlukan dalam menghadapi kondisi alam ini, di antaranya melakukan persiapan dan kesiapan personil, perawatan infrastruktur, dan berkoordinasi dengan pihak stakeholder terkait,” tambahnya.

Djarwo juga mengingatkan masyarakat pada cuaca ekstrim saat ini agar dalam hal penggunaan listrik dapat lebih berhati-hati serta tidak melakukan penambahan jaringan maupun daya secara illegal.

Pelanggan juga dapat melaporkan kendala listrik melalui aplikasi PLN Mobile yang dapat diunduh di Google Play Store atau App Store maupun Contact Center PLN 123.

“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan listrik yang andal dan aman bagi seluruh masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih atas pengertian dan kerjasama dari seluruh pelanggan,” demikian Djarwo.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article