33.5 C
Mataram
Wednesday, February 21, 2024

Cetak Wirausaha Muda, Prisma Jadikan Kampus Inckubator Bisnis

Must read

Mataram, NTB – Fakultas Peternakan Universitas Nahdatul Wathan atau UNW Mataram bersama Prisma berkolaborasi menjadikan kampus sebagai bisnis incubator untuk mencetak wirausaha muda dan memajukan peternakan masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dekan Fakultas Peternakan UNW Mataram Alimuddin, S.Pt., M.Si dalam acara sosialisasi “Pentingnya Kolaborasi Antara Universitas dengan Mitra Swasta untuk Memajukan Peternakan” yang diselenggarakan oleh Ceo Prisma Nina FitzSimons beberapa waktu lalu yang dipusatkan di Kampus UNW Mataram.

“Bisnis incubator yang ada di Fakultas Peternakan ini dari awal bertujuan untuk melahirkan para calon wirausaha baru, itu sudah kita bekali mulai dari bimbingan manajemen, digital marketing dan pemahaman wirausaha lainya,” kata Alimuddin.

Dalam kurun waktu belum lama ini sebanyak 25 Mahassiswa mendapatkan pembinaan untuk menjadi pengusaha dan dibantu agar bisa dengan mudah melihat peluang pasar, dirinya meyakini akan banyak wirausaha muda yang lahir dimasa depan.

Pertemuan itu juga menjadi salah satu komitmen untuk menjalin kolaborasi lebih banyak dengan pihak-pihak terkait untuk membentuk wirausaha muda dan kesejahteraan peternak.

Lebih lanjut ia menambahkan, usaha peternakan di NTB 80 persen masih tradisonal atau mengandalkan rumput dan hijau-hijauan, sehingga berat badan yang dihasilkan maksimal mencapai 0,3 Kilo Gram per-hari, kemudian jika dikalkulasikan keuntungan yang didapatkan peternak hanya Rp15 Ribu.

“Tapi jika mereka mau bertransformasi mengubah pola pemeliharaan dari rumput yang dikombinasi dengan kosentrat maka pertumbuhan berat badan bisa mencapai 0, 5 Kg per-hari,” jelasnya.

Untuk saat ini pihaknya tengah fokus terhadap lima kandang kolektif yang tersebar di lima Kabupaten yang akan mengembangkan usaha peternakan mereka.

Hal senada disampaikan Ceo Prisma Nina FitzSimons, ia menjelaskan peluang pengembangan Inckubator Bisnis peternakan di NTB berpotensi besar.

“Ini kolaborasi untuk mendorong pemuda menjadi pengusaha dibidang peternakan,” pungkasnya.

Kemudian juga disinggung terkait kenapa memilih UNW Mataram sebagai mitra, Ferdinandus Rondong menegaskan “Perguruan tinggi memiliki peran penting dan strategis dalam penciptaan wirausaha baru dari kalangan mahasiswa maupun dari stakeholder lainnya,” tutupnya.(Hum)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article