18.5 C
Mataram
Tuesday, July 16, 2024

Cegah DBD, Petugas Keliling Cek Bak Air Penampungan Milik Warga

Must read

Lombok Barat, NTB – Camat Kediri Lombok Barat beserta petugas kesehatan dari Puskesmas Banyumulek dan aparat Desa Dasan Baru berkeliling ke rumah-rumah warga untuk mengecek bak air penampungan milik warga.

Air yang ditampung oleh warga juga ditaburi obat jentik untuk mengantisipasi dan mencegah perkembangan nyamuk DBD melalui nyamuk aedes.

Selain itu, warga juga di imbau agar rutin menguras bak air mereka dan juga menjaga kebersihan serta menerapkan pola hidup sehat.

Dari data yang ada di wilayah kerja Puskesmas Banyumulek terdapat ada 14 kasus DBD dari bulan Januari hingga Mei 2024.

“Gerit ini merupakan salah satu upaya kita bersama untuk mencegah DBD. Kita harus bersinergi dan bekerja sama untuk membersihkan lingkungan dan memberantas jentik nyamuk,” kata camat Iswarta Mahmuluddin beberapa hari yang lalu.

Selain melakukan intervensi terhadap pemberantasan DBD, pemerintah setempat juga meluncurkan gerkan Satu Rumah Satu Jumantik atau juru pemantau jentik. Para kader yang ditunjuk nantinya akan memantau sekaligus memberikan edukasi kepada warga agar rutin mengecek bak penampung airnya, warga juga diminta untuk melapor jika adanya potensi-potensi ancaman DBD.

“Oleh karena itu, upaya pencegahan DBD sangat penting dilakukan untuk menekan kasus DBD yang sedang ada peningkatan kasus, insyallah kegiatan ini berlanjut selanjutnya tidak terputus hanya hari ini karena teman-teman kader dilapangan melakukan kegiatan ini dengan cara mengedukasi masyarakat.” tutup Kapus Banyumulek Qudusiyah Fahriati.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article