28.5 C
Mataram
Wednesday, February 21, 2024

Tahukah Kalian Fungsi Dari Karburator Kendaraan ?

Must read

Karburator telah ada sejak akhir abad ke-19 ketika pertama kali dikembangkan oleh pelopor mobil (dan pendiri Mercedes) Karl Benz (1844–1929).

Karburator  adalah komponen yang bisa Anda temukan pada mesin bensin. Komponen ini bisa mencampurkan udara dengan bahan bakar menggunakan perbandingan tertentu supaya bisa mengalirkannya ke silinder dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan mesin.

Ketika bahan bakar bercampur dengan udara, itu berubah menjadi tenaga yang kemudian dibakar dalam silinder logam di dalam mesin dan energi yang dihasilkan menggerakkan sebagian besar kendaraan yang melakukan perjalanan. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa karburator adalah mesin yang menambahkan bahan bakar ke udara untuk membuat campuran yang sempurna untuk pembakaran di dalam silinder yang ada di dalam mesin. 

Meskipun pada kendaraan modern, karburator sering digantikan dengan sistem INJEKSI, bahan bakar yang di kendalikan secara elektronik yang mengunakan lebih sedikit bahan bakar dan mengurangi polusi.

Dalam karburator ada dua katup berputar yang terletak di atas dan di bawah venturi. Katup atas yang dikenal sebagai choke bertanggung jawab untuk menangani atau mengatur jumlah udara yang harus mengalir di dalam karburator.

Ketika katup ditutup, lebih sedikit udara yang bisa masuk dan akibatnya, venturi akan menyedot lebih banyak bahan bakar yang menyediakan campuran yang kaya bahan bakar ke mesin. 

Katup kedua yang ada di karburator adalah throttle. Ketika throttle terbuka lebar, lebih banyak udara melewati karburator sebagai akibatnya karburator dapat menarik lebih banyak bahan bakar dari pipa ke samping sehingga mesin melepaskan lebih banyak energi dan tenaga yang memungkinkan Kendaraan  melaju lebih cepat. 

Untuk perawatannya  tidak begitu sulit, langkah pertama yang harus di lakukan adalah melepas karburator dari dudukan. Lepaskan bagian karburator dengan menggunakan alat atau kunci-kunci.

Lepas dan Bersihkan Pilot Jet, Main Jet, dan Needle Jet, Dalam proses pelepasan ini, kamu perlu melakukannya satu per satu dengan hati-hati lalu segera bersihkan supaya karburator bisa bekerja kembali.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article