29.4 C
Mataram
Tuesday, May 21, 2024

Pemerintah Bakal Tertibkan Tambang Galian C ilegal di pulau lombok

Must read

Mataram, NTB – Pemerintah provinsi NTB bersama tim gabungan akan menertibkan tambang pasir darat ilegal yang sudah menimbulkan kerusakan lingkungan di Pulau Lombok.

Teridentifikasi tidak mengantongi ijin dan melakukan kegiatan ilegal. Sejumlah tambang galian C, bakal ditertibkan oleh DLH NTB bersama tim terpadu dari unsur TNI-Polri, kejaksaan dan pemerintah daerah.

Kepala seksi penegakan hukum dinas lingkungan hidup (DLH) provinsi NTB, Astan wirya menjelasakan rencana penertiban tambang liar galian C akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Kami segera lakukan penertiban tambang-tambang tersebut sebelum akhir tahun,” kata Kepala seksi penegakan hukum dinas lingkungan hidup provinsi NTB, Astan wirya di Mataram, senin (31/07).

Menurutnya, penertiban dilakukan karena sejumlah tambang yang beroperasi tak mengantongi ijin dan terindikasi melakukan kegiatan ilegal atau tanpa ijin.

Dari hasil penyelidikan tim yang dilakukan secara tertutup, disebutkan ada puluhan tambang galian C yang tak mengantongi ijin dan akan segera ditertibkan.

Sementara dari puluhan tambang yang beroperasi, dipetakan dan teridentifikasi tak mengantongi ijin, ada terdapat di wilayah kabupaten lombok barat, lombok tengah, dan lombok timur.

“Tambang tidak berizin tersebar pada banyak wilayah di pulau lombok dan sudah menimbulkan kerusakan lingkungan hingga ratusan hektare,” ujar Astan.

DLH juga mengindikasi satu lokasi tambang rata-rata ada puluhan pekerja dengan menggunakan puluhan mesin dan menghasilkan puluhan truk pasir yang dijual untuk memenuhi kebutuhan pembangunan di pulau lombok.

“Oleh karena itu, DLH provinsi NTB dan tim gabungan tetap akan melakukan penertiban pada tambang-tambang tersebut,” kata dia.

Bahkan salah satu dari wilayah tambang ilegal tersebut, telah diproses hukum dan penetapan sejumlah tersangka terkait dugaan kasus korupsi pemberian ijin operasional tambang karena menyalahi prosedur.(*)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article