27.5 C
Mataram
Tuesday, May 21, 2024

Dusun Keloka Batujai Kembangkan Kampung Wisata Anggur

Must read


Lombok Tengah, NTB – Warga Dusun Keloka, Desa Batujai, Kecamatan Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah mengembangkan kampung wisata anggur.

Hal ini dikembangkan dengan menanam anggur di masingmasing pekarangan rumah warga.

Kampung wisata anggur yang diinisiasi oleh salah satu anggota TNI di dusun mereka, yakni Sertu Supriadana.

Selain bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat juga untuk mewujudkan kampung wisata hijau dan lestari.

Sertu Supriada mengatakan, tanaman anggur merupakan tanaman yang dapat tumbuh dengan baik di berbagai kondisi tanah, dengan pengelolaan relatif mudah akan memberikan peluang besar bagi masyarakat lokal khususnya dusun keloka untuk terlibat dalam pertanian yang berkelanjutan.

Tak tanggung-tanggung, untuk mewujudkan rencana ini, Supriadi memberikan bibit pribadi ke warga dengan jumlah minimal satu buah bibit anggur untuk masing-masing pekarangan rumah.

Jenis tanaman anggur yang dipilih yaitu anggur jari dengan berbagai varian, mulai dari anggur jari original, helloween, hingga anggur jari jupiter.

Apapun kebun anggur yang sudah berhasil terealisasi hingga panen saat ini sudah 2 blok atau dua pekarangan rumah. Sedangkan yang lainnya dalam proses menanam hingga berbunga.

“Jadi kami ingin mengembangkan kampung wisata anggur, dengan memanfaatkan pekarangan rumah warga.” Ungkapnya.

Kendati masih terkendala cuaca dan anggaran untuk mengembangkan kampung wisata anggur, warga tetap optimis dan berharap ada bantuan bibit atau alat dan bahan untuk pengembangan kampung wisata ini.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article