27.8 C
Mataram
Tuesday, June 25, 2024

Duplikat Motor Roundtank Asal Lombok Bermesin Pompa Air

Must read

Mataram, NTB – Aslinya istilah motor roundtank mengacu ke desain motor-motor super-jadul tahun 20-an. Kemungkinan waktu itu para desainer motor masih terbatas visinya, sehingga bentukan motornya masih mengacu pada sepeda onthel alias sepeda angin yang ditaruhkan mesin sehingga bahasa lawasnya menjadi motor roundtank atau motor bertangki silinder.

Melalui perkembangan zaman, gaya-gaya roundtank punya penggemarnya sendiri. Istilah juga bergeser, bukan melulu tangki silinder di backbone berbentuk silinder tapi masuk ke gaya superjadul, hardtail, sasis springer, setang sepeda dan motor cenderung rata, tidak sedinamis choppers ataupun bobber.

Di Lombok sendiri tepatnya di Cakranegara ada salah satu bengkel yang rajin membuat motor motor reflika jadul. Dan karna penasaran, akhirnya team kreasi ottomotif mencoba mendatangi garasi bengkel komunitas cikar rarat Lombok yang tempatnya berada di wilayah Abian Tubuh Cakranegara Nusa Tenggara Barat. Dan ternyata di tempat ini kebetulan mereka sedang merakit  sebuah motor unik bergaya clasic bergaya tahun 20-an yakni motor roundtank.

Replika motor roundtank buatan komunitas cikar rarat Lombok ini memang sepintas mirip dengan kuda besi besutan Amerika tahun 1912. Menurut Bli Agus anggota komunitas cikar rarat Lombok, motor ini merupakan replika dari Harley-Davidson 1912. Ide ini muncul dari keisengannya dan kecintaannya terhadap motor klasik atau jadul.

“Emang betul motor yang saya rakit ini memiliki perbedaan dengan motor aslinya keluaran Amerika,  apa lagi motor yang saya rakit ini saya berikan tambahan tambahan aksesoris dari ide kreatif saya sendiri sehingga terkesan lebih clasik dan jadul ungkap agus “

Bli Agus mengatakan bahwa membangun sebuah motor custom bermodel rountank buatan Amerika ini membutuhkan waktu yang lumayan lama. Hal tersebut di dasarkan dengan sulitnya mendapatkan part-part clasik untuk asesoris motor tersebut. Sehingga untuk mensiasatinya kami dari cikar rarat mencoba memodifikasi sendiri. Apa lagi motor yang kita bangun saat ini unik, menggunakan mesin pompa air yang kami  gandeng dengan mesin motor 4 tak untuk penggeraknya.

Motor replika buatan komunitas cikar rarat Ini ternyata sudah di uji keliling Lombok, Bali, Sumbawa serta beberapa tempat lainya. Mungkin memang  motor rakitan roundtank kami ini terlihat seperti rongsokan dan terkesan karatan tapi  ini emang bagian dari style yang di tawarkan apa lagi sensasi berkendara menggunakan motor jadul ini  sangatlah menyenangkan, lebih lebih bagi penikmat motor clasik dan jadul.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article