27.5 C
Mataram
Saturday, June 22, 2024

S3 di UI, Mantan Danrem 162 WB Lakukan Penelitian Pembangunan RTG

Must read

Lombok Tengah, NTB – Staf khusus Kasad, Mayor Jenderal TNI Ahmad Rizal Ramdhani melakukan penelitian Rumah Tahan Gempa (RTG) di Desa Selebung, Kecamatan Batukeliang, Kabupaten Lombok Tengah Selasa, 23 Januari 2024.

Penelitian ini dilakukan mantan danrem 162 Wira Bhakti itu untuk menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Indonesia.

Kepada wartawan Rizal mengatakan, penelitian yang diambil berjudul tata kelola kolaboratif pembangunan rumah tahan gempa, dengan 3 paparan kebijakan menggunakan soft system metodologi.

“Jadi saya sudah masuk di semester 4 S3 Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia, sehingga sudah waktunya melakukan penelitian” katanya.

Hal itu karena NTB merupakan daerah paling cepat menyelesaikan pembangun rumah tahan gempa dibandingkan dengan daerah yang lain.

Selain itu, Jenderal bintang dua itu melihat secara langsung hasil pembangunan rumah tahan gempa maupun evaluasi terhadap hasil pembangunan tersebut.

Dimana rata-rata masyarakat merasa sangat nyaman tinggal di RTG yang dibangunkan oleh prajurit TNI tersebut.

“Mereka sangat nyaman dan tidak ada yang komplain terkait pembangunan RTG yang dibangun oleh para prajurit TNI waktu itu” ungkapnya.

Selain itu sebagian masyarakat juga sudah melakukan renovasi sehingga RTG yang dibangunkan usai gempa Lombok 2018 silam itu sudah seperti rumah konvensional. (An)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article