32.5 C
Mataram
Wednesday, February 21, 2024

Pemkab Lobar dan UIN Mataram Jalin Kemitraan Dalam Transformasi Digital dan Keterbukaan Informasi Publik di Desa

Must read

Lombok Barat, NTB – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Kominfotik melalukan kunjungan ke Universitas Islam Negeri Mataram di Ruang Kerja Rektor pada hari Kamis (31/8/2023). Kunjungan ini diterima langsung oleh Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Masnun Tahir, MA. Hadir dalam pertemuan ini Kepala Dinas Kominfotik Kab. Lobar Ahad Legiarto, Kabid IKP Arief Rachman, Dekan FDIK UIN Mataram Muh. Saleh Ending, Pranata Humas Hamzah dan Civitas Akademika FDIK UIN Mataram.

Dalam rangaka mempercepat tercapainya transformasi digital dan keterbukaan informasi publik di desa menuju Smart Village dan Smart City. Pemerintah Kabupaten Lombok Barat bekerjasama dengan Universitas Islam Negeri Mataram dalam percepatan dalam transformasi digital dan keterbukaan informasi publik desa melalui program Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa UIN Mataram.

Kemitraan ini sebagai salah satu tindaklanjut dari MoU antara Pemkab Lombok Barat dengan UIN Mataram. Kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Mataram akan mengusung tema “Diskominfotik Lobar dan UIN Mataram Membangun Desa Menuju Transformasi Digital dan Keterbukaan Informasi Publik”. Program ini sebagai Pilot Project pelaksanaan Mahasiswa PKL yang langsung berada di Kantor Desa dalam bidang digitalisasi dan keterbukaan informasi publik. Lokasi PKL sebagai desa percontohan akan berlokasi di dua Kecamatan yakin Kecamatan Lembar dan Kecamatan Lingsar.

Rektor UIN Mataram Prof. Dr. Masnun Tahir, MA pada kesempatan ini menyambut baik rencana kegiatan praktik kerja lapangan Mahasiswa FDIK Jurusan Komunikasi di desa. Hal ini sebagai salah satu bentuk kerjasama antara Pemkab Lobar dengan UIN Mataram dalam rangaka mempercepat tercapainya transformasi digital.

“Kami menyambut baik program kemitraan ini dalam mewujudkan transformasi digital di desa”, terangnya.

Prof. Dr. Masnun Tahir, MA menyampaikan bahwa transformasi digital dan keterbukaan informasi di desa harus didorong dan digalakkan. Pada era digital dan keterbukaan informasi saat ini harus bisa mengikuti dan menyesuaikan diri kalau tidak mau ketinggalan. Oleh karena itu, UIN Mataram melalui Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi mengambil peran dengan menempatkan Mahasiswa PKL di desa-desa wilayah Kecamatan Lembar dan Lingsar.

“Di zaman ini pilihannya digital atau ditinggal”, imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kominfotik Kab. Lobar Ahad Legiarto menerangkan bahwa Diskominfotik Lobar menjalankan MoU antara Pemkab Lobar dengan UIN Mataram dengan membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Perjanjian Kerja Sama dalam bentuk penempatan Mahasiswa PKL di Dinas Kominfotik yang selanjutnya ditempatkan di desa. Mahasiswa PKL akan diberikan pembekalan terkait dengan dukungan transformasi digital dan keterbukaan informasi publik di desa.

“Kami adakan Perjanjian Kerja Sama dengan FDIK UIN Mataram bagi mahasiswa PKL dalam mendukung digitalisasi dan keterbukaan informasi publik”, terangnya.

Sedangkan Dekan FDIK UIN Mataram Muh. Saleh Ending menyampaikan bahwa Mahasiswa PKL dari Jurusan Komunikasi yang akan ditempatkan di Lombok Barat sebanyak 52 orang. Mahasiswa PKL akan berada di Kantor Desa wilayah Kecamatan Lembar dan Lingsar selama 45 hari mulai tanggal 4 September 2023. Mahasiswa PKL diharapkan bisa membantu Pemdes dalam rangka transformasi digital dan keterbukaan informasi publik di desa masing-masing.

“Kami akan menempatkan Mahasiswa PKL di Lobar sebanyak 52 orang sebagai pilot project dalam mendukung transformasi digital”, ujarnya.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article