28.5 C
Mataram
Wednesday, February 21, 2024

Kunjungi KPU, Kapolda NTB Koordinasi Penyelengaraan Pemilu

Must read

Mataram, NTB – Untuk membangun dan meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan Lembaga Penyelenggara Pemilu di Nusa Tenggara Barat, Kapolda NTB bersama beberapa PJU Polda NTB bersilaturahmi ke Kantor Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) Provinsi NTB, Senin (29/01/2024).

Kehadiran Kapolda NTB beserta rombongan diterima langsung oleh segenap Komisioner KPU NTB, di Ruang rapat Kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi NTB Jalan Langko no 17 Mataram.

Usai silaturahmi, Kapolda NTB Irjen Pol R.Umar Faruq mengatakan, kunjungan silaturahmi tersebut sekaligus berdiskusi terkait kesiapan Pemilu Legislatif dan Pilpres yang akan dilaksanakan bulan 14 Februari 2024.

“Banyak hal yang kita diskusikan bersama dalam pertemuan tadi terkait Pemilu 2024, salah satunya terkait kesiapan logistik yang ada di KPU hingga mekanisme pendistribusiannya sampai ke tingkat TPS-TPS,” terang Kapolda.

“Terutama Distribusi logistik ke wilayah-wilayah yang susah dijangkau transportasi secara umum. Maka Polda NTB siap membantu KPU NTB untuk mendistribusikan logistik tersebut,” ujar kapolda.

Jenderal bintang dua ini  juga memaparkan, bahwa komunikasi dan koordinasi yang kita bungun ini, sebagai upaya dari kepolisian untuk mensukseskan penyelenggaraan Pemilu tahun 2024.

“Banyak hal yang telah dipaparkan oleh KPU dari seluruh tahapan yang telah dilakukan hingga menjelang pelaksanaan pemilu, bahkan termasuk membahas tentang bagaimana pemutakhiran rekapitulasi yang dilakukan pada pemilu 2024. Sistem rekapitulasi ini tentu berbeda dengan yang sebelumnya,” jelas Kapolda.

Ditegaskannya, Polda NTB disamping telah mempersiapkan pengamanan pada saat pemilu  berlangsung, juga siap membantu KPU untuk mendistribusikan logistik ke wilayah yang sulit dijangkau seperti daerah pesisir, pulau-pulau dan wilayah terpencil lainnya.

Terkait Situasi Kamtibmas secara umum di wilayah NTB, Kapolda  menegaskan hingga saat ini masih dalam kondusif. Meski demikian Polda NTB beserta seluruh Polres Jajaran terus melakukan langkah-langkah sebagai upaya antisipasi dalam rangka menciptakan Kondusifitas masyarakat di wilayah hukum Polda NTB.

”Kami berharap dan memiliki keinginan yang sama dengan KPU, bahwa penyelenggaraan Pemilu 2024 dapat terselenggara dengan baik dan sukses,” harap Kapolda.

Sementara itu mewakili KPU Provinsi NTB, Komisioner KPU NTB Muhammad Khuwailid menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kapolda dan rombongan yang telah lebih dulu datang bersilaturahmi dengan anggota KPU yang baru saja dilantik beberapa waktu lalu.

“Kami sudah mengagendakan kunjungan Ke kapolda NTB sejak resmi dilantik sebagai Komisioner KPU NTB, namun ternyata Kapolda NTB lebih dulu mengunjungi kami. Terimakasih pak Kapolda,”ucapnya mengawali perbincangan.

Menurutnya, apa yang telah dipaparkan oleh Kapolda NTB pada pertemuan silaturahmi dan diskusi tersebut sudah sangat kompleks, bahkan, disampaikan oleh Kapolda NTB,  bahwa hingga saat ini meski dalam tahap kampanye situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif.

Salah satu hal yang menarik perhatian   yang didiskusikan dalam pertemuan tersebut adalah terkait persoalan yang bersifat Mitigasi, terutama dalam hal pendistribusian logistik, kemudian dalam tahapan kampanye yang masih tersisa 12 hari lagi, hingga pada tahap pemungutan dan perhitungan suara.

Pihaknya merasa bersyukur dan berterimakasih kepada Polda NTB, terkait kesiapan Polda dalam membantu proses pendistribusian logistik salah satunya, apalagi pihak KPU mengalami kendala dalam pelaksanaan pendistribusian terutama di daerah perairan dan terpencil.

“ Pada prinsipnya KPU akan melakukan sinergi dengan pihak  Polda NTB, dalam mengantisipasi permasalah yang muncul terkait pelaksanaan pemilu. Kehadiran Kapolda NTB tentu menambah semangat kami untuk penyelenggaraan pemilu agar dapat terlaksana dengan sukses. Pertemuan ini membuat kami lebih siap,” ujarnya.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article