27.8 C
Mataram
Tuesday, June 25, 2024

Kemendagri Puji Program Jum’at Salam inisasi Miq Gite

Must read

Lombok barat, NTB – Launching perdana program Jum’at Salam diapresiasi dan patut diberikan penghargaan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

Hal itu diungkapkan Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Paudah saat menghadiri launching Jum’at Salam yang berlangsung di kawasan Wisata Agro di Desa Kebun Ayu, Lombok Barat (27/10/23).

Menurutnya, program ini luar biasa karena Pj. Gubernur NTB Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., mencoba menyatukan program-program yang tersebar di seluruh OPD lingkup Pemprov NTB.

“Sasarannya sudah tepat, karena semua ujung tombak program pemerintah ada di desa,” ungkapnya.

Dicontohkan Paudah, program pemerintah misalnya bagaimana penurunan angka stunting dan itu semuanya dimulai dari desa. Desa memiliki Posyandu, PKK dan memiliki sumber daya bagaimana intervensi stunting bisa dilakukan.

Selain itu, desa punya pertanian, peternakan sehingga dengan sumber daya yang dimiliki bisa digerakkan di desa.

Terkait Jum’at Belondong atau Bersarung lanjut Paudah, ini merupakan potensi yang luar biasa sehingga Pj. Gubernur bisa memotret sebagai sumber pendapatan desa.

Diakuinya, melihat kain dengan corak yang bagus dan kualitasnya tidak kalah bersaing dengan produk-produk lain serta menjadi ikonik dari NTB dan mesti digerakkan karena kualitasnya bagus dan sumber dayanya ada.

“Jika ini digerakkan menjadi sebuah gerakan, maka masyarakat penenun akan menjadi lebih sejahtera,” tandasnya

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article