27.5 C
Mataram
Saturday, June 22, 2024

Kebakaran di Rinjani Akibat Faktor Alam

Must read

Lombok Tengah, NTB – Kebakaran yang terjadi di Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sekitar jalur pendakian Aik Berik, Batukliang Utara, Lombok Tengah (Loteng) diduga terjadi karena faktor alam. Kebakaran itu pun menghanguskan sekitar 205 hektare lahan taman nasional tersebut.

Kapolres Lombok Tengah , AKBP Iwan Hidayat menjelaskan sejak Sabtu lalu pihaknya bersama tim Polres Loteng mengerahkan tim untuk melakukan penyelidikan secara langsung penyebab kebakaran.

“Tim kami sejak hari Sabtu itu langsung menuju lokasi bersama tim dari TNGR kemudian tim gabungan,” ujarnya kepada wartawan.

Berdasarkan hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan tim sejak Jumat, peristiwa itu diduga terjadi akibat titik api yang muncul secara alami dipengaruhi kondisi cuaca saat ini.

“Dari hasil tim kami itu terjadi karena faktor alam saja,” jelasnya.

Terlepas dari itu, pihaknya mengimbau para pendaki agar selalu hati-hati jika melakukan aktivitas seperti memasak dan membuang puntung rokok.

“Untuk para pendaki kita imbau untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan, dan jika memasak jangan lupa untuk mematikan api,” tandasnya. (Anwar)

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article