18.5 C
Mataram
Monday, July 15, 2024

Ditpolairud Polda NTB Tanam 2 Ribu Bibit Mangrove Lestarikan Ekosistem Laut

Must read

Lombok Barat, NTB – Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara (Dit Polairud)  Polda NTB melakukan penanaman 2 ribu bibit mangrove di Pantai Dusun Lembar, Desa Lembar Selatan, Kecamatan Lembar,  Lombok Barat. Kegiatan penanaman mangrove sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-73 Polairud, guna menjaga keberlangsungan ekosistem laut serta meningkatkan perekonomian masyarakat pesisir. 

“Penanaman mangrove dilaksanakan di Desa Lembar Selatan, dan di Pantai Panda Teluk Bima, dengan jumlah pohon yang ditanam sebanyak 2 ribu pohon mangrove,  kata direktur Polairud Polda NTB Kombes pol Kobul Syahrin Ritonga, setelah melakukan penanaman pohon mangrove di Pantai Dusun Lembar, Desa Lembar Selatan, Kec. Lembar, Kab. Lombok Barat Sabtu (25/11/2023).

Kobul menegaskan penanaman mangrove ini dilakukan secara serentak di 73 titik di seluruh Indonesia, dalam rangka ikut menjaga kelestarian lingkungan. Keberadaan ekosistem mangrove yang baik di pesisir juga dapat meningkatkan ketahanan ekonomi masyarakat pesisir.

“Diharapkan, gerakan ini juga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bisa berpartisipasi menjaga lingkungan,” ucap kobul.

Selain penanaman mangrove, polairud juga menggelar sejumlah aksi sosial. Di antaranya donor darah,  bersih-bersih pantai, bakti sosial dan penanaman mangrove.

“Ada beberapa kegiatan seperti donor darah, bakti kesehatan, bersih-bersih pantai, bakti sosial, dan penanaman mangrove yang dilaksanakan dari rangkaian peringatan HUT ke-73 Polairud,” terang kobul.

Diketahui, Korps Polairud Baharkam Polri akan genap berusia 73 tahun pada 1 Desember 2023 mendatang. Satuan itu merupakan unit pendukung tugas kepolisian di sektor air  dan udara.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article