31.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024

Bupati Minta Awik-awik Kecimol di Tiap Desa Dibuat

Must read

Lombok Tengah, NTB – Bupati Lombok Tengah meminta di tiap-tiap desa dibuatkan awkwk terkait kesenian kecimol. Hal itu dilakukan guna meminimalisir adanya keributan terkait dengan adanya kesenian tradisional tersebut.

Keberadaan kecimol atau kesenian tradisional cilokaq di Kabupaten Lombok Tengah kembali menjadi buah bibir. Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri juga ikut buka suara. Dia mengatakan saat ini perlu adanya awik-awik dari pemerintah desa tentang peraturan kesenian kecimol.

Pathul menyatakan, tidak lain ini tujuannya agar tidak terjadi keributan. Disebutkannya, selama ini seringkali perjalanan masyarakat sedikit terganggu dengan keberadaan kecimol. Maka dari itu sangat perlu diatur sesuai dengan norma dan persoalan sosial lainnya, seperti pakaian dan lainnya.

Sementara di sisi lain, kesenian kecimol sedikit banyak memberikan penghasilan juga bagi sejumlah personelnya, sehingga industri kreatif tersebut perlu diatur dalam kemasan yang lebih baik kedepan.

“Kecimol itu tidak ada bedan dengan UMKM, mereka bisa menghidupkan keluarganya namun harus tersosialisasi dengan banyak hal,” terangnya kepada media, Kamis (4/1/2024).

Politikus Gerindra ini mengatakan, dengan adanya awik-awik ini dapat menjadi dasar regulasi yang lebih tinggi dan perlu juga dibahas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Sementara itu dirinya mengatakan, bagi pegiat kesenian kecimol sangat perlu lebih memperhatikan banyak hal seperti, pakaian personel dan pelaksanaan kegiatan yang tidak membuat masyarakat terganggu.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article