18.5 C
Mataram
Monday, July 15, 2024

Bantuan Beras El Nino di Lombok Barat Mulai Disalurkan

Must read

Lombok Barat, NTB – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Ketahanan Pangan bersama Bulog NTB mulai menyalurkan bantuan beras El Nino berupa 10 Kilo Gram beras. Bantuan pangan beras yang diberikan kepada masyarakat ini untuk mengatasi dampak dari El Nino berkepanjangan yang mempengaruhi produksi petani.

Bantuan tersebut akan menyasar 91.868 warga lobar yang terdaftar sebagai penerima manfaat, yang akan diberikan selama enam bulan mulai Januari hingga Juni mendatang.

Adapun jumlah penerima bantuan El Nino pada tahun 2024 ini mengalami peningkatan sekitar 3,1 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Jadi untuk hari ini kami melepas untuk satu bulan yaitu beras yang kami gelontorkan sebesar kurang lebih 918 ton, jadi nanti selama 6 bulan beras ini akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat yang setiap bulanya adalah berupa beras 10 Kg”, kata Kadis Ketahanan Pangan Lobar Damayanti Widyaningrum, Kamis (25-01-23).

Kemudian disinggung terkait perbedaan data yang menjadi salah satu keluhan Kepala Desa?.

“Tentunya berbeda ya penerima manfaatnya, kalau dulu adalah data PKH dari Kementerian sosial nah kalau sekarang ada data kemiskinan ekstrim warga yang benar-benar miskin ekstrim kami bantu jadinya sumber datanya dari Bappenas,” jelasnya.

Lebih lanjut, pihak Bulog sudah menyiapkan stok beras untuk mendistribusikan bantuan tersebut, warga juga diminta untuk melapor jika beras yang diterima rusak.

“Nanti kita ganti kalau rusak, kemdian untuk Lombok Barat sendiri akan disalurkan sejumlah 91.866 penerima atau berasnya kurang lebih sekitar 900 ton beras dalam sebulan,” jelas Manager Operasional Bulog Diver NTB Budiwan Susanto.

Diharapkan beras bantuan pangan dapat menekan angka kemiskinan ekstrim, inflasi, stunting dan bermanfaat buat masyarakat penerima bantuan

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article