27.5 C
Mataram
Tuesday, May 21, 2024

Fresh Graduate harus tahu hal ini agar diterima bekerja

Must read

Buat kamu yang baru lulus, saya ucapkan “selamat datang ke dunia perjuangan yang sebenarnya”, fresh graduate biasanya sebutan yang digunakan untuk para pencari kerja yang belum memiliki pengalaman kerja alias sebutan buat kamu yang baru saja menyelesaikan studymu baik bagi kamu yang lulus sekolah menengah, strata satu (S1), ataupun strata dua (S2). Melamar pekerjaan adalah proses yang perlu kamu lakukan setelah menyandang label fresh graduate dan tentunya akan bersaing dengan pencari kerja yang mungkin sudah punya pengalaman kerja. Kamu dapat bersaing dengan pencari kerja yang lain dengan mempersiapkan beberapa hal berikut:

  • Buatlah CV dan portofolio yang menarik dan informatif

Curriculum vitae atau yang biasa disebut CV harus dibuat dengan tampilan yang menarik namun tetap informatif, CV bisa kamu isi dengan profil diri kamu, skill yang kamu kuasai atau bahkan yang sedang kamu tekuni, pengalaman organisasi serta posisi atau tugas kamu dalam kepanitiaan sebuah event, bahkan kamu bisa mencantumkan media social kamu agar HRD perusahaan yang kamu tuju bisa mengenal kamu lebih dekat (nah untuk hal ini, kamu perlu memastikan bahwa media social kamu menunjukkan hal atau kegiatan positif ya…).

Selain isi yang yang informatif, kamu juga perlu mempersiapkan tampilan yang keren dan hal ini bisa kamu dapatkan dibeberapa aplikasi design salah satunya Canva.

  • Membangun personal branding

Personal branding merupakan gambaran diri yang bisa ditunjukkan lewat apa saja, salah satunya melalui media social seperti kata Susan Gunelius dalam artikel yang ditulis dan dicetak oleh majalah FORBES beberapa waktu lalu. Personal branding dapat terlihat dari cara berpakaian, berbicara, sikap yang ditunjukkan baik melalui media social maupun yang kamu tunjukkan selama seleksi berlangsung. So buat kamu para fresh gradute, kamu perlu menyiapkan outfit yang rapi, sikap professional baik dari segi waktu ataupun berbicara secara jelas dan informatif.

  • Meningkatkan rasa percaya diri

Kamu bisa menunjukkan personal brandingmu Ketika kamu punya rasa percaya diri. Rasa percaya diri bisa dilatih dengan cara berfikir positif, kenali kekurangan dan kelebihan, fokus pada proses dan perubahan kecil yang telah dilakukan, berhenti membandingkan diri dengan orang lain dan penting buat kamu ingat pola hidup sehat merupakan salah satu tips untuk meningkatkan rasa percaya diri.

  • Kepoin perusahaan yang dituju

Tak kenal maka tak sayang, kata-kata ini dalam beberapa hal cukup related lho, begitupun Ketika kamu akan melamar pada suatu perusahaan. Kamu perlu mencari tahu tentang perusahaan yang kamu tuju baik melalui google / media social ataupun mencari informasi melalui orang yang mengetahui tentang perusahaan tersebut. Hal yang perlu kamu kepoin antara lain budaya organisasi, kebijakan atau peraturannya, usaha bergerak di bidang apa bahkan klien atau mitra kerja samanya dengan siapa saja.

  • Pelajari tugas dan tanggungjawab posisi yang dituju

Selanjutnya yang perlu kamu kepoin adalah tugas dan tanggungjawab posisi yang kamu lamar seperti tugas-tugasnya apa saja, ruang lingkup pekerjaan yang akan dilakukan pada posisi dituju, tanggungjawab yang harus dipenuhi pada posisi dituju dan kemampuan apa saja yang diperlukan untuk menunjang pekerjaan pada posisi yang dituju. Itulah beberapa hal yang perlu fresh graduate siapkan ketika akan melamar pekerjaan, siapkan diri kamu dengan baik dan jangan pernah takut dengan rintangan yang ada di depanmu ya… Semoga kamu bisa menjadi kandidat terbaik di perusahaan impianmu. Kita bakal terus update informasi lain lagi yang mungkin kamu butuhkan juga jadi tetap apdate informasi dan pengetahuanmu di website kami.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article