Pemerintah Kabupaten Lombok Barat berupaya melakukan revitalisasi kerajinan gerabah di desa Banyumulek Kecamatan Kediri,  langkah ini diharapkan mampu membangkitkan ekspor gerabah yang kini terancam mati suri

 

Gerabah Banyumulek  adalah kerajinan tanah liat yang berpusat di desa Benyumulek Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. yang dimana gerabah banyumulek ini pernah mencapai masa kejayaannya pada tahun 2009-2010 mulai dari pasar potensial ekspor gerabah banyumulek bahkan tembus hingga pasar eropa dan asia.

Namun kini nasib kerajinan yang pernah menjadi primadona ekspor Ntb ini terus  meredup bahkan nyaris mati suri. menurunnya produksi gerabah ini diduga karena permintaan pasar luar negeri  menurun drastis.  bahkan Pemerintah Lombok Barat mengindikasikan pesanan gerabah hanya berasal dari dalam negeri saja yang selanjutnya dipoles lebih sempurna kemudian baru di ekspor tanpa menggunakan nama Lombok.

sehingga untuk membangkitkan nilai ekspor Gerabah dibanyumulek yang nyaris mati suri ini Pemerintah Kabupaten Lombok Barat berupaya melakukan Revitalisasi kerajinan dari tanah liat ini.

hal tersebut ditegaskan langsung oleh Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid, dirinya juga menjelaskan selain gerabah, Pemkab Lobar juga akan melakukan pemberdayaan di sektor UMKM mengingat UMKM di Lombok Barat memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan nilai ekspor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here