Meski perang terhadap pungli dan percaloan terus digalakkan, namun praktek ini masih sulit untuk diberantas, tak tanggung-tanggung instanasi pelayanan publik seperti layanan pembuatan paspor imigrasi dan dinas kependudukan dan catatan sipil, menjadi instansi dengan tingkat percaloan yang memprihatinkan.

 

Praktek calo ditengah masyarakat Indonesia tak terkecuali di NTB sendiri masih kerap terjadi, seperti yang terjadi dalam video investigasi yang di putarkan oleh ombudsman, dimana video tersebut di ambil  di kantor imigrasi lombok timur.
Dalam video amatir yang dirilis ombudsman republik indonesia Nusa Tenggara Barat ini  memperlihatkan praktek percaloan layanan pembuatan paspor di kantor pelayanan imigrasi lombok timur, menjadi praktek yang lumrah dan berlangsung di lingkungan kantor imigrasi itu sendiri.
Dalam video tersebut juga tampak seorang calo menawarkan pembuatan paspor dengan cepat tanpa jalur pengurusan yang ribet dan memakan waktu yang lama. meskipun si pemohon paspor tidak memiliki dokumen yang lengkap, yakni hanya dengan membayar sebesar 2 juta rupiah atau  tiga kali lipat dari pembayaran normal passport yang akan dibuat tersebut di jamin langsung jadi. rekaman video dalam bentuk investigasi ini diambil ombudsman selama tiga hari.

” kami lakukan investigasi dan ternyata para calo menguasai jaringan serta sistem pelayanan di kantor itu ”

Dalam hal ini ketua Ombudsman RI NTB, Adhar hakim menyebutkan, selain layanan percaloan, ombudsman juga menemukan sejumlah kejanggalan mulai dari habisnya map kuning berkas paspor dalam waktu yang sangat singkat padahal jam pelayanan baru dibuka.
lebih lanjut Adhar meminta agar pemerintah memperbaiki sistem layanan agar masyarakat bisa terhindar dari jaringan calo yang sangat meresahkan yang bisa menjurus ke praktek-praktek illegal.(wn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here