31.5 C
Mataram
Thursday, February 22, 2024

Polres Loteng Gelar Simulasi Pengamanan Pemilu

Must read

Lombok Tengah, NTB – Kepolisian Resort Lombok Tengah melakukan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) untuk persiapan pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kantor KPU Kabupaten Lombok Tengah.

Kabag Ops Polres Lombok Tengah AKP Hery Indrayanto mengatakan, Polres Lombok Tengah mengerahkan 3/4 keseluruhan kekuatan atau 600 lebih personel dalam simulasi tersebut.

Personel simulasi terdiri dari personel gabungan TNI – Polri, Dinas Perhubungan, Sat Pol-PP, Dinas Pemadaman Kebakaran, Anggota KPU dan Bawaslu.

Dalam pelaksanaan simulasi Sispamkota ini diperagakan ada tiga tahapan simulasi pelaksanaan pengamanan kantor KPU Kab. Lombok Tengah yang dituangkan dalam skenario pengamanan dan didemonstrasikan oleh personel Polres Polres Lombok Tengah di bantu personel Brimob, TNI dan instansi terkait.

Ia mengatakan, poin peragaan penting yang diperhatikan dari simulasi ini adalah kerawanan akan terjadinya kericuhan saat Pemilu nanti. Hal ini dapat terlihat dengan kemungkinan adanya aksi unjuk rasa sebagai bentuk ketidakpuasan terhadap hasil Pemilu di kantor KPU Kab. Lombok Tengah.

“Bisa juga karena ketegangan antar masa pendukung pasangan calon yang tidak dapat mengontrol diri saat pemungutan suara dimulai,” ujarnya.

Tidak hanya itu, adapun pengawalan terhadap surat dan kotak suara, serta tindakan pengamanan terhadap kantor KPU yang diasumsikan akan diserang oleh masa yang tidak senang akan hasil dari Pemilu itu sendiri.

“kami sudah siapkan tim escape apabila nanti kantor KPU di serang, tim itu nantinya akan mengamankan ketua dan para anggota KPU sekaligus mengamankan berkas penting pemilu untuk diamankan ketempat yang sudah kita tentukan,” tegas Hery.

Ia juga menambahkan personel yang terlibat dalam operasi mantab brata (OMB) 2023 – 2024 gencar laksanakan giat preventif dan preemtif dengan melaksanakan patroli langsung terhadap obyek pemilu dan perangkat pemilu.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article