Kepolisiaan resor lombok barat berhasil bekerjasama dengan balai konservasi sumber daya alam bksd provinsi ntb berhasil  mengamankan sebanyak 2400 ekor burung berbagai jenis di pelabuhan lembar, ke 2400 ekor burung tersebut rencananya akan diselundupkan ke pulau bali dengan menggunakan truck sedang.

Petugas Kepolisian Dari Polres Lombok Barat Bekerjsama Dengan balai konservasi sumber daya alam (BKSDA) Provinsi ntb berhasil mengamankan sekitar 2400 ekor burung yang tidak dilengkapi dengan dokumen baik dokumen dari balai karantina hewan maupun dari BKSDA provinsi NTB di pelabuhan lembar Lombok barat.

2400 ekor burung tersebut rencananya akan diselundupkan ke pulau bali menggunakan truck sedang,selain mengamankan ribuan burung tersebut petugas juga mengamankan sopir truck yang mengangkut burung tersebut berinisial MY.

Kini petugas tengah mendalami asal burung tersebut dan kewilayah mana akan dikirim dipulau bali, namun ribuan ekor burung ini rencananya akan dilepas kea lam bebas.

Semantara itu kasubdit tipiter ditreskrimsus polda ntb AKBP darsono setyo aji menjelasakan ribuan jenis ekor burung yang diamankan ini bukan merupakan burung yang dilindungi, namun setiap hewan atau binatang yang akan dikirim harus dilengkapi dengan dokumen yang jelas.

Penyelundupan burung ini melanggar peraturan pemerintah (pp) no 8 tahun 1999 tentang pemanfaatan jenis tumbuhan dan satwa liar, pasal 1,2 dan 3 dengan hukuman sanksi administrasi dan burung burung tersebut akan dilepas kealam bebas.(af)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here