Pernak pernik keris pusaka zaman kerajaan majapahit dan singosari dipamerkan dalam kegiatan mandalika expo 2017 di eks PTP puyung lombok tengah. sementara untuk satu buah keris pengerajin menjualnya dengan harga dari  1 juta sampai dengan harga 15 juta.

 

Sejumlah pernak pernik pusaka jenis keris di zaman kerajaan majapahit dan singosari dipamerkan dalam kegiatan mandalika expo 2017 di kawasan eks PTP perkapasan puyung lombok tengah. sementara itu pengerajin keris asal gerunung  janmerangi mengungkapkan bahwa jenis-jenis keris yang dipamerkan tersebut dibuat dari besi pasir pada masa zaman kerajaan, yang sampai sekarang masih terpelihara dengan baik. adapun untuk proses pembuatan pusaka jenis keris tersebut harus dilakukan oleh orang-orang yang berpengalaman dan dilakukan secara hati-hati sehingga untuk satu buah keris pihaknya meberikan mahar dengan kata lain dijual seharga 1 juta sampai dengan harga  15 juta’an. adapun untuk sarung keris yang digunakan dalam pameran tersebut merupakan sarung yang dibuat dari kayu jenis berure yang menurutnya mempunyai makna serta filosofi yang berbeda dari kayu-kayu jenis lain.

” Ia proses pembuatan keris biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama,berbagai tahapan ritual dilaksanakan dan dibuat dari bahan bahan berkualitas”

selain itu janmerangi mulai menekuni pekerjaan sebagai pengerajin keris dari tahun 2009 yang sampai sekarang terus dilakukan, sehingga keris pusaka yang merupakan peninggalan kerajaan zaman dahulu bisa terus dilestarikan generasi generasi muda saat ini.(aw)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here