Kepala Dinas Kesehatan Ntb, Nurhandini Eka Dewi turut perihatin atas
Maraknya peredaran surat tanda registrasi (STR) perawat palsu yg dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab, dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada.

 

Kepala Dinas Kesehatan Ntb Nurhandini Eka Dewi menjelaskan
STR perawat hanya dikeluarkan oleh pemerintah pusat melalui Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) dan Dinas Kesehatan NTB hanya berperan membantu dalam proses pendaftaran online untuk mengikuti tes mendapatkan STR.

Namun pemalsuan STR yg marak terjadi ini dirinya menilai banyak dilakukan oleh jaringan atau oknum oknum yg sudah memiliki akses.
Eka juga mencontohkan salah satu kasus terjadi tahun 2016 lalu dikabupaten Bima, dimana ratusan STR perawat yang dicek Dinas Kesehatan diketahui palsu.
” Tahun lalu adanya di Bima ada seratusan STR. Kita diminta tolong untuk mengecekkan, karena ada kecurigaan. Ternyata setelah dicek memang ditemukan palsu…” ujarnya

Namun Ditanya tentang jumlah kasus pemalsuan STR menurut catatan Dinas Kesehatan NTB tahun ini pihaknya belum menerima laporan. Terlebih  Eka meminta agar masyarakat melaporkan jika ada kecurigaan STR palsu yg beredar di masyarakat.(wn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here