Setelah berpisah selama 35 tahun,dua orang warga lansia asal Kelurahan Ampenan Tengah dan Kelurahan Monjok Kota Mataram, memutuskan untuk menikah lagi di usia senja. Pernikahan yang dapat terbilang unik tersebut berlangsung di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ampenan dan disaksikan puluhan warga setempat.

 

Setelah berpisah selama 35 tahun, dua orang warga lansia asal Kelurahan Ampenan Tengah dan Kelurahan Monjok Kota Mataram, memutuskan untuk menikah lagi di usia senja. Pernikahan yang dapat terbilang unik tersebut berlangsung di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ampenan dan disaksikan puluhan warga setempat.

Sama-sama sempat membina rumah tangga dengan orang lain sebanyak empat kali, tak membuat pasangan Salsah dan Munirin ragu untuk menjalin ikatan suami istri kembali.

Sang mempelai pria, Salsah mengaku memutuskan untuk menikah kembali bukan semata-mata hanya untuk kesenangan melainkan agar dapat saling mengurus satu sama lain di usia senja, sekaligus sebagai pendamping dalam mengerjakan ibadah. Proses pendekatan kembali pun diakuinya cukup singkat yakni hanya sekitar dua bulan, bahkan itupun melalui sambungan telpon genggam.

“jarikan ndek te ape semate-mate jari demen doang, laguk adekn arak kance te ibadah kance jari arak runguq tiang.( Ini bukan semata mata untuk kesenangan saja,akan tetapi pernikahan ini biar kita bisa sama sama beribadah dan ada yang mengurusi saya. red)”

Sementara itu, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Ampenan, Ahmad Baihaki mengaku jika pernikahan yang dapat terbilang unik memang kerap terjadi, seperti nikah masal dan nikah lansia. Pernikahan Salsah dan Munirin menurutnya dapat menjadi contoh bagi warga lain agar tidak menikah dibawah tangan, mengingat menikah di KUA sendiri telah digratiskan. Lebih lanjut, kesadaran masyarakat untuk menikah di KUA saat ini dinilai telah mencapai sekitar 40 %//

“ini sebagai contoh juga ya, kepada adek-adek kita yang mau menikah, jangan sampai pernikahannya  itu dibawah tangan, apalagi pernikahan dini.”(el)

1 COMMENT

  1. Hi! I’ve been reading your blog for a while now and finally got the courage to go ahead and give you a
    shout out from Lubbock Tx! Just wanted to tell you keep up the good work!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here