Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Mataram, menyiapakan sebanyak 5000 masker untuk  dibagikan kepada masyarakat jika hujan abu vulkanik akibat erupsi gunung agung terjadi di Mataram.

 

Gunung agung terus mengalami erupsi, dimana pada hari senin pagi statusnya dinaikkan dari siaga 3 menjadi awas karena meningkatnya fase erupsi dari freatik dan magmatik. Sementara akibat erupsi tersebut sebaran abu vulkanik dikabarkan mengarah menuju lombok, dimna kabupaten lombok utara, lombok barat, dan kota mataram diprediksi menjadi wilayah yang akan terkena dampak dari hujan abu vulkanik.

oleh karena itu badan penaggulangan bencana daerah (BPBD) Kota Mataram menyiapkan sekitar 5000 masker yang siap dibagikan kepada warga. Kepala bidang Darurat dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram I Made Gede Yasa menjelaskan jika masker masker tersebut akan dibagikan jika hujan bau vulkanik mulai terjadi, pembagianya pun dijelaskan akan menyasar pada perempatan di jalan-jalan utama. Semenetara itu dirinya juga mejelaskan jika pihaknya telah melakukan persiapan untuk menerima kedatangan para pengungsi yang memilih menyeberang ke lombok.

” kita sudah menyiapkan sekitar 5000 masker untuk dibagikan kepada warga, tapi pembagian ini kalo memang di mataram sudah terjadi hujan abu, rencanayan nanti akan kita bagikan di simpang empat jalan-jalan utama, sejauh ini hujan bau vulkanik tipis sudah mulai terjadi di mataram, yakni di kecamatan ampenan.”

lebih lanjut yase menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari beraktivitas di luar rumah, dimana jika hal tersebut cukup mendesak dianjurkan untuk menggunakan masker, sementara jika warga mendapat informasi terkait kedatangan pengungsi diharapkan agar segera melaporkan hal tersebut kepada pihak keluarahan.(el)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here