Kenaikan harga sejumlah komoditi pertanian yang terjadi dalam beberapa hari terakhir dinilai masih dalam tingkat normal, bahkan kenaikan tersebut justru disyukuri oleh kepala dinas pertanian kota mataram mutawalli, karena dinilai dapat menutupi kerugian petani akibat anjloknya harga beberapa waktu lalu.

 

Dalam beberapa hari terakhir harga sejumlah komoditi pertanian mulai merangkak naik, diantaranya  cabai, bawang merah, hingga beras.

 

Menurut keterangan kepala dinas pertanian mutawalli,kenaikan harga saat ini dipengaruhi oleh anomali cuaca, dimana akibat hujan deras yang terjadi beberapa waktu lalu menyebabkan rusaknya sejumlah komoditi pertanian yang sudah siap panen.

 

Suasana jelang maulid juga dinilainya turut mengambil peran dalam kenaikan harga tersebut.

Meski demikian kenaikan saat ini dinilainya masih dapat ditoleran, Terlebih kondisi tersebjt disyukurinya karena dapat membantu petshi menutupi kerugian akibat anjloknya harga bebetapa waktu lalu.

 

“kenaikan ini di dinas pertanian kita syukuri, karena dengan begini petani punya peluang untuk megembalikan biaya produksi yang sudah dikeluarkan terlebih saat anjloknya harga beberapa waktu lalu yang speerti diketahui harga cabe sampe 4.500 ribu sampai 6.000 rupiah perkilonya, alhamdulillah sekarang sudah mulai stabil.”

Lebih lanjut lonjakan harga tersebut akan tetap  diawasi, agar tidak melebihi batas toleran seperti awal tahun lalu yang menembus harga ratusan ribu rupiah untuk komoditi cabai perkilonya.(el)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here