27.5 C
Mataram
Tuesday, May 21, 2024

Air Terjun Tibu Sendalem, Surga Tersembunyi di Tengah Hutan Sesaot

Must read

Kabupaten Lombok Barat memang terkenal karena keindahan pantai dan budayanya. Namun bukan cuma dua hal itu saja yang menjadi daya tarik wisatawan. Ternyata Lombok Barat juga memiliki banyak objek wisata alam non-pantai yang tak kalah memikat. Salah satunya adalah air terjun Tibu Sendalem.

Tibu dalam bahasa sasak Lombok berarti air terjun, sedangkan Sendalem bisa bermakna terpencil atau dalam, jadi makna Tibu Sendalem berarti air terjun yang berada jauh di pedalaman dan tersembunyi.

Air terjun Tibu Sendalem merupakan surga tersembunyi yang berada di tengah hutan belantara, yang berlokasi di Desa Buwun Sejati, Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam yang masih asri dan menikmati air terjun yang alami, tibu sendalem dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati akhir pekan anda.

Untuk mencapai Tibu Sendalem, jalur utama menuju ke lokasi ini adalah melalui parkiran wisata Bunut Ngengkang yang berada tepat di perbatasan Desa Sesaot dengan Desa Buwun Sejati.

Dari parkiran, Anda harus menempuh perjalanan menggunakan sepeda motor sejauh kurang lebih 2 kilometer dengan jalur yang cukup menantang. Nah bagi teman-teman yang pingin berjalan kaki ke lokasi bisa memakan waktu yang cukup lama, akan tetapi kalian tidak akan terlalu capek karna akan di sungguhi dengan pepohonan yang rindang yang masih asri serta pemandangan yang dapat memanjakan mata.

Tak sulit untuk mencapai letak dari air terjun Tibu Sendalem. Sepanjang perjalanan menuju lokasi, kalian akan menemui banyak warga yang sedang berladang ataupun sedang menjaga kebunnya dan jika kalian bertanya mereka akan menjawab dengan ramah. bagi yang belum pernah ke sana, rajin-rajin bertanya kepada warga agar perjalanan anda menjadi lancar.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 1 jam perjalanan berkendara, kalian akan mendengar suara air terjun, pertanda kalian sudah sampai di air terjun Tibu Sendalem.

Menikmati kopi berlatar air terjun Tibu Sendalem

Sesampai di air terjun, kalian akan di sungguhi dengan keindahan alam. air terjun Tibu Sendalem yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan debit air yang cukup besar, kolam yang luas dengan air yang sangat jernih ke biru-biruan dan di kelilingi pepohonan yang hijau dan asri.

Bagi teman-teman yang suka berkemah di alam, di sekitar air terjun juga terdapat area yang cocok untuk menjadi tempat camping.

Namun, pastikan untuk membawa peralatan dan perlengkapan yang memadai karena lokasi ini masih belum dikelola, dan tetap mengutamakan keselamatan.

- Advertisement -spot_img

More articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest article