Di Sela Sela gelaran World Superbike (WSBK) 2021, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki mengunjungi gerai UMKM Lombok Barat di GEM Pearls Senggigi, Lombok Barat, Sabtu 20 November 2021. Dalam kunjungan tersebut Teten Masduki disambut oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid bersama Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lombok Barat H.M Fajar Taufik. Dalam kunjungan tersebut Teten Masduki berkeliling dari stand satu ke stand lainnya untuk memantau secara langsung gerai UMKM dan berbagai produk yang dijual oleh UMKM Lombok Barat.

Dalam kesempatan tersebut Teten Masduki mengajak para penonton WSBK dan wisatawan untuk berkunjung ke gerai UMKM Lombok Barat di Wilayah Kawasan Wisata Senggigi, Lombok Barat. Menurutnya setelah selesai gelaran WSBK para penonton perlu untuk berkunjung ke gerai gerai UMKM untuk membeli oleh oleh khas Lombok Barat. Dalam kesempatan ini juga Teten Masduki mengatakan bahwa kemasan produk UMKM sudah sangat memadai tidak jauh dari kemasan pabrikan.

Menteri Koperasi dan UMKM juga memberikan peluang kerjasama bagi UMKM yang bergerak di bidang makanan dan minuman herbal. Teten mengatakan bahwa Kimia Farma siap memfasilitasi UMKM yang bergerak dalam bidang Herbal. Salah satunya bentuk kerjasama yang bisa dijalin menurut Menkop UKM adalah kerjasama dalam pemasaran produk. UMKM yang bergerak dalam bidang makanan dan minuman herbal dapat memasarkan produknya melalui kimia farma. “Jadi bisa dikolaborasikan agar UMKM dapat bersaing dan maju. Pemasaran produk produk makanan dan minuman herbal bisa melalui kimia farma” ujarnya.

Sementara iti Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid menyambut baik peluang yang diberikan oleh Menkop UKM. Hal ini menjadi peluang yang baik bagi pelaku UMKM khususnya yang bergerak dalam sektor makanan dan minuman Herbal. Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi UMKM untuk terus mengembangkan produksinya dan pemasarannya. Fauzan berharap agar Menkop UKM dapat memberikan peluang yang lebih besar bagi pelaku UMKM di Lombok Barat. “Kami berharap menkop UKM dapat memberikan peluang kolaborasi untuk UMKM di Lombok Barat agar tingkat produksinya meningkat dan pemasaran yang dilakukan juga baik” ujarnya.

Gerai di GEM Perals yang letaknya tidak jauj dari kawasan wisata senggigi ini menjadi terobosan baru untuk UMKM. Pelaku UMKM dapat memasarkan produknya di toko oleh oleh miliki salah seorang pengusaha. Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Fajar Taufiq hingga saat ini 40 pelaku UMKM dengan berbagai produk yang dimiliki membuka gerai di pusat oleh oleh GEM Pearls. Para wisatawan dan penonton WSBK dapat berkunjung ke gerai UMKM untuk membeli oleh oleh khas Lombok. Semua produk tersedia di pusat oleh oleh GEM Pearls ini, mulai dari produk kerajinan, mutiara, kaos lombok hingga produk produk UMKM yang menarik untuk dijadikan oleh oleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here