Pemerintah Kota Mataram mengajukan 13 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda), dimana 10 buah diantaranya tentang perubahan atas Perda Kota Mataram tentang Pajak-Pajak Daerah, dan sisanya tentang Unit Layanan Pengadaan Pemerintah Kota Mataram, Analisis Dampak Lalu Lintas, dan Raperda tentang Sistem Perancanaan Pembangunan Daerah Kota Mataram.

 

Pemerintah Kota Mataram kembali mengajukan 13 buah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) di depan sidang DPRD Kota Mataram, dimana 10 buah diantaranya tentang perubahan atas Perda Kota Mataram tentang Pajak-Pajak Daerah dan sisanya tentang Unit Layanan Pengadaan Pemerintah Kota Mataram, Analisis Dampak Lalu Lintas, dan Raperda tentang Sistem Perancanaan Pembangunan Daerah Kota Mataram.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Mataram, Mohan Roliskana menjelaskan perubahan tersebut sehubungan dengan berubahnya nomenklatur perangkat daerah berdasarkan Perda Nomor 15 tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, termasuk perubahan-perubahan materi juga dilakukan terhadap beberapa rancang Perda pajak-pajak daerah tersebut.

Sementara itu, rancangan peraturan daerah tentang unit layanan pengadaan dilakukan untuk melaksanakan ketentuan pasal 14 ayat (1) dan ayat (2) Peraturan Presiden Nomor 54 Thaun 2010 sebagaimana telah diubah beberapa kali menjadi peraturan Presiden nomor 4 tahun 2015.
Dimana dalam memberikan pelayanan dan pembinaan di bidang pengadaan barang/jasa, maka perlu dibentuk Unit Layanan Pengadaan pada Pemerintah Kota Mataram. Selanjutnya terkait pengajuan Raperda Aanalisis dampak lalu lintas dilakukan untuk penguatan terhadap peraturan walikota. Dan yang terakhir terkait Raperda tentang sistem perencanaan pembangunan daerah kota mataram dilaksanakan berdasarkan amanat pasal 27 ayat (2) UU Nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional yang mengamanatkan bahwa perlunya untuk menyusun suatu sistem perencanaan pembangunan daerah.

Lebih lanjut, tiga belas buah raperda tersebut, akan dibahas lebih lanjut dalam rapat Fraksi Dewan, untuk kemudian hasilnya akan dibacakan dalam Rapat Paripurna Pemandangan Umum Fraksi Dewan yang akan dilaksanakan dalam agenda rapat berikutnya.(el)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here