Menjamurnya ritel modern di kabupaten Lombok barat menjadi persoalan bagi para pengusaha kecil menengah,sementara untuk mengantispasi itu, bupati kabupaten Lombok barat, fauzan Khalid berencana akan melakukan pembatasan terhadap izin pembangunan ritel modern di kabupaten Lombok barat.

 

(Lombok Barat 25/8) Dalam beberapa bulan terakhir, menjamurnya pembangunan ritel modern di kabupaten Lombok barat menjadi sorotan, pasalanya menjamurnya ritel modern dinilai akan menggerus keberadaan usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Untuk mengantisipasi semakin banyaknya ritel modern tersebut Bupati Kabupaten Lombok barat berencana akan melakukan pembatasan izin pendirian alfamart dan Indomart, hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan geliat ekonomi masyarakat yang memiliki usaha warung, sehingga keberadaan warung rumahan tidak terkesan mati suri.

Menurut Fauzan, maraknya pembangunan ritel modern di Lombok barat disebabkan karena proses perizinan tidak dikeluarkan oleh dirinya,melainkan oleh Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu ( BPMP2T ) atas  persetujuan dinas prindustrian dan perdagangan Kabupaten Lombok barat.

” Itulah simalakamanya, proses prizinan saat ini tidak sampai ke saya, karena untuk memotong proses prizinan , izin pembangunan alfamart atau indomart cukup dikeluarkan oleh BPMP2T atas persetujuan Disprindag ujarnya “.

Selain akan melakukan pembatasan terhadap pembangunan alfamart  dan indomart, Pemda Lombok barat juga akan memaksa pihak alfamart indomart untuk  menyerap produk lokal,  melalui peraturan bupati .(af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here