stasiun klimatologi (STAKLIM BMKG) kabupaten Lombok barat memprediksi bahwa musim penghujan akan turun secara bertahap di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) pada akhir bulan oktober ini.
 

Kepala Stasiun Klimatologi  bmkg kabuapten Lombok Barat, Wakodim menjelaskan Saat ini hujan sudah mulai mengguyur sejumlah wilayah yg ada di NTB, akan tetapi hujan yg turun ini bersifat lokal atau belum memenuhi kategori  musim hujan yang sesungguhnya pasalnya
untuk bisa dikatakan musim hujan intensitas hujan yg turun harus selama 10 hari minimal 50 mili meter dan 50 mili meter saat 10 hari hari berikutnya.

Dirinya memperkirakan musim hujan akan turun pertama di Kabupaten Lombok Utara, dan Kota Mataram pada akhir Oktober ini. Yang selanjutnya musim hujan akan terus bergeser ke wilayah tengah dan timur NTB seperti pulau Sumbawa, kabupaten  Lombok Tengah dan kabuptn  Lombok Timur.

“…Terakhir itu musim hujan di Bima diprediksi pada awal Desember….” ujarnya

oleh sebab itu dirinya juga mengimbau kepada masyarakat ntuk mewaspadai kemungkinan yang bakal terjadi seperti bencana longsor dan banjir terutama bagi  masyarakat yg tinggal di pesisir pantai dan permukiman yg rawan terjadi longsor.(wn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here