Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten lombok barat untuk mengentaskan kemiskinan di kabupaten lombok barat,dengan mengkampanyekan produk lokal, namun disamping kampanye pemda lobar terus melakukan pembinaan untuk menyiapkan ketersedian produk lokal.

 

Sebagai upaya pengentasan kemiskinan di kabupaten Lombok barat, pemerintah kabupaten Lombok barat kini tengah menggalakan produk local, seperti garam,gula semut dan gula aren yang di produksi oleh produsen di kabupaten Lombok barat. Bahkan kedepan semua hotel dan gerai modern diwajibkan menggunakan produk local. Selain itu sebagai bentuk keseriusan pemerintah kabupaten Lombok barat dalam mengupayakan penggunaan produk local ini, bupati kabupaten Lombok barat telah mengeluarkan peraturan bupati (perbup).

Meski demikian hingga saat ini produk local belum  digunakan di hotel dan gerai modern di kabupaten Lombok barat, pasalanya produksi produk local ini masih terbatas belum bisa memenuhi permintaan pasar.

Menurut bupati kabupaten Lombok barat fauzan Khalid, ia sengaja melakukan kampanye produk local terlebih dahulu agar semua pihak mengetahui hal tersebut, disamping kampanye pemda Lombok barat terus melakukan pembinaan untuk menyiapkan sumber daya manusia dan ketersedian produk nya.

Lebih lanjut bupati menyatakan jika produsen telah mampu mensuplay kebutuhan pasar maka ia akan menerbitkan instruksi bupati untuk penggunaan produk local tersebut.

Selain untuk instansi seperti hotel dan gerai modern, bupati juga akan mewajibkan bagi  semua asn dan sekolah di kabupaten Lombok barat untuk menggunakan produk local.(af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here