Kota Toea Ampenan, yang terletak di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, terus didorong menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan untuk dikunjungi. Salah satunya melalui Festival Kota Toea Ampenan, jum’at (25/8/2017). Berbagai kegiatanpun diisi, selain itu festival ini juga diramaikan dengan pawai sepeda onthel dan berbagai kuliner

 

(Kota mataram 26/8 2017) Pembukaan festival Kota Tua Ampenan ditandai dengan penabuhan gendang beleq oleh ketua DPRD Kota Mataram, H. Didi Sumardi bersama Ketua umum BKOW provinsi NTB Hj Syamsiah M. Amin yang juga istri Wakil Gubernur NTB, Moh Amin.

Event festival Kota Tua Ampenan tersebut dibuat semenarik mungkin dengan adanya kegiatan pawai kendaraan tempo dulu yang melibatkan mobil serta sepeda motor antik dan tidak luput juga di meriahkan oleh keberadaan sepeda onthel yang melakukan pawai bergerak dari halaman Gedung Islamic Center Kota Mataram menuju Kota Tua Ampenan.

Sehingga para pengunjung Kota Tua Ampenan benar benar diajak bernostalgia, untuk mengenang kembali masa keemasan kota tua ampenan dengan nuansa tempo dulu.

Salah satu peserta dari festival kota tua ampenan, M Fazli Abdurrahman mengatakan, festival kota tua ampenan ini mengingatkannya dengan masa masa tempo dulu.

“ Alhamdulillah walaupun saya bukan asli ampenan, namun dengan adanya festival kota tua ampenan ini saya jadi banyak tau tentang peninggalan peninggalan dari masa lalu”.

Selain pawai mobil dan sepeda tua, festival Kota Tua Ampenan ini juga dimeriahkan oleh berbagai macam aneka kuliner, salah satunya kuliner “Kedai Jamur”. Dimana kuliner ini merupakan kuliner khas Lombok, yang berbeda dengan kuliner lainnya karena menggunakan bahan baku jamur asli sebagai bahan utamanya.

Nike salah satu pemilik kedai jamur mengungkapkan, selain memiliki cita rasa yang tinggi, jamur tiram yang diolahnya menjadi kuliner khas juga memiliki kandungan gizi dan kaya manfaat.

” banyak manfaat dan kandungan gizinya, sehingga tidak salah banyak masyarakat yang gemar mengkonsumsi jamur ”.

Festival Kota Tua Ampenan yang diselenggarakan pada Jumat (25/8) hingga Ahad (27/8) merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS)  2017. Festival ini digelar guna semakin mengenalkan potensi Kota Tua Ampenan kepada wisatawan. (wn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here