Kerajinan Unik Dari Limbah Batok Kelapa

0
383

Bagi sebagian  orang limbah batok kelapa hanya bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat arang, namun di tangan Ni Luh adyng saraswati beserta suaminya, limbah batok kelapa ia sulap menjadi sebuah kerajinan unik yang bernilai ekonomis tinggi.

 

Bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan limbah yang satu ini yakni limbah batok kelapa. Limbah batok kelapa biasanya dijadikan bahan baku untuk pembuatan arang.

Namun, di tangan pasangan suami istri Ni Luh adyng saraswati dan I Wayan suartana putrayasa, mereka bisa mengolah limbah batok kelapa menjadi sebuah kerajinan unik yang tentunya mempunyai nilai jual tinggi.

Limbah batok kelapa mereka sulap menjadi beberapa kerajinan unik seperti, lampu hias, tempat permen, serta sovenir menarik lainnya.

Kerajinan dari limbah batok kelapa ini,  sudah mereka tekuni sejak 10 tahun yang lalu, Berlokasi di taman mayure inilah mereka mengembangkan usaha kerajinan batok kelapa dengan mendirikan artshop.

Berawal dari banyaknya limbah batok kelapa yang berserakan, muncul ide untuk mengolah limbah tersebut menjadi sebuah kerajinan yang berbeda dari yang lain serta bernilai jual tinggi.

sementara yang membedakan kerajinan batok hasil karya  Ni Luh adyng saraswati beserta suaminya dengan kerajinan lain terletak pada batok kelapanya. Jika biasanya kerajinan batok kepala lain semuanya di buat halus namun kerjinan batok kelapa milik adyng dibuat lebih natural dengan tidak menghilangkan serabut aslinya.

pasangan suami istri ini mengaku tidak kesulitan untuk mencari baha baku karena mudah untuk diperoleh dan setiap harinya mereka menghabiskan dua karung limbah batok kelapa untuk membuat kerajinan. Untuk  proses pembuatannya di butuhkan waktu paling lama satu jam kurang tergantung tingkat kesulitan.

Ni Luh adyng saraswati mengaku omzet dari penjualan kerajinan limbah batok kelapa yg dihasilkannya mencapai 3 juta lebih setiap bulannya. (wn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here