De Javu Sea Games 2001 Indonesia Vs Myanmar dan Malaysia vs Thailand
De Javu Sea Games 2001 Indonesia Vs Myanmar dan Malaysia vs Thailand

Indonesia memang harus mengubur mimpinya meraih medali emas di Sea Games tahun ini, karena kalah dari Malaysia pada semi-final dengan skor tipis 1-0. Senasib dengan Indonesia sebelumnya juga Myanmar takluk atas Thailand dengan skor yang sama.

Pada laga final mempertemukan Malaysia dengan Thailand dan Indonesia berhadapan dengan Myanmar untuk memperebutkan medali perunggu.

16 tahun silam Indonesia dan Myanmar juga pernah berjumpa pada laga perebutan medali perunggu, Secara kebetulan, SEA Games saat itu juga dipentaskan di Kuala Lumpur. Di babak semi-final, Indonesia harus mengakui keunggulan tim kuat Thailand. Sempat unggul lebih dulu pada menit kedua melalui gol Bambang Pamungkas, Indonesia harus takluk setelah Thailand mampu membalasnya lewat gol Anucha Kitpongsri (39′) dan Teeratep Winothai pada masa perpanjangan waktu babak pertama atau tepatnya menit ke-105 sedangkan Myanmar juga takluk atas Malaysia sehingga finalnya mempertemukan antara tuan rumah Malaysia dan Thailand.

Pada perebutan medali perunggu Indonesia takluk 0-1 dari Myanmar berkat gol tunggal Yan Paing pada menit akhir babak pertama. Sedangkan di laga final pada saat itu, Thailand berhasil menang atas tuan rumah Malaysia dengan skor 1-0.

Apakah kisah tersebut akan terulang? Tim sepak bola Indonesia pulang tanpa medali? Atau Garuda Muda bisa mengobati luka dari kekalahan semi-final melawan Malaysia dengan kemenangan atas Myanmar?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here