Balai wilayah sungai bws nusa tenggara satu berencana membangun pulau buatan di bendungan batujai lombok tengah, hal tersebut dilakukan sebagai langkah untuk menjadikan bendungan tersebut sebagai pusat wisata air di lombok tengah.

 

Balai wilayah sungai bws nusa teggara satu berencana akan membangun satu pulau buatan di tengah tengah kawasan green belt bendungan batujai. langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk mengatasi sidemen di bendungan terbesar di lombok tengah tersebut.  itu  disampaikan kepala balai wilayah sungai bws nusa tenggara satu asdin julaidy, selain itu ia menjelaskan bahwa rencana tersebut sudah disampaikan ke pemerintah pusat dalam hal ini kementrian pekerjaan umum dan perumahan rakyat pupr ri  dan rencana tersebut sudah disetujui.  sehingga rencana pembuatan pulau buatan atau wisata air di bendungan batujai akan di bangun pada tahun 2018 mendatang.

sementara untuk kebutuhan pembangunan pulau buatan tersebut seluruh material akan diambil dari kawasan bendungan batujai yakni sidemen dan sampah yang ada di kawasan bendungan. dengan begitu dharapkan persoalan tingginya volume sidemen di kawasan bendungan batujai bisa diatasi.

“kita akan membuat pulau buatan di tengah-tengah bendungan batujai sehingga bisa menjadikannya wisata air”

adapun untuk sidemen di bendungan batujai sudah sangat tinggi dan sudah mencapai sekitar  6 juta meter kubik. sidemen tersebut disebabkan karena banyaknya tanaman air seperti eceng gondok. selain fungsi tersebut keberadaan pulau buatan diharapkanmenjadi pusat wisata air baru, guna mendukung konsep penataan bendungan batujai kedepan sebagai daerah wisata air.

selain itu dengan konsep itu bisa bertahan 100 tahun diharapkan pemanfaatan dan penataan bendungan batujai bisa di optimalkan.(aw)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here