Art Shop Banyumulek Butuh Sentuhan Pemerintah

0
70
Art Shop Banyumulek Butuh Sentuhan Pemerintah
Art Shop Banyumulek Butuh Sentuhan Pemerintah

Desa Banyumulek merupakan desa yang sudah ditetapkan menjadi desa wisata di Kabupaten Lombok Barat, bukan karena desa ini memiliki keindahan alam yang mempesona seperti desa wisata lainya, melainkan Desa Banyumulek merupakan desa yang menjadi pusat pengrajin gerabah dengan corak dan motif yang beragam.

Uniknya di desa yang terletak di Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat ini proses pembuatan gerabah tidak menggunakan mesin melainkan murni pembuatan dengan system manual dari warganya, tak heran kerajinan gerabah milik warga Banyumulek banyak diminati oleh sebagian besar wisatawan local maupun mancanegara.

Namun sangat disayangkan potensi yang sangat luar biasa tersebut tidak di kelola maksimal oleh pemerintah Kabupaten Lombok Barat, karena sebagian besar Art Shop di tempat tersebut kini mulai mengeluh karena mulai sepinya pembeli, hal tersebut dinilai karena pemerintah masih belum maksimal mempromosikan Desa Banyumulek sebagai desa wisata kerajinan gerabah.

Selain itu warga juga membutuhkan pelatihan untuk membuat inovasi  kerajinan gerabah agar bisa bersaing dengan gerabah-gerabah di mancanegera.(af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here