Pemerintah kabupaten Lombok barat mendorong dan memfasilitasi berdirinya ritel modern 212 mart di kabupaten lombok barat.

Kini tidak hanya alfamart dan indomaret yang  mulai mewarnai dunia ritel penyedia sembako bagi masyarakat di Lombok Barat, namun belakangan ini muncul 212 mart, yang terinsiprasi dari gerakan umat islam di tahun 2017 lalu.

Menyikapi munculnya 212 mart di kabupaten Lombok barat disambut baik  kepala dinas perindustrian dan perdagangan (disprindag) kabupaten Lombok barat,menurutnya pemerintah daerah siap memfasilitasi dan mendorong terbentuknya 212 mart tersebut di 10 kecamatan di kabupaten lombok barat.

Menurut agus, terbentuknya 212 mart ini juga dinilai mampu mengurangi angka kemiskinan di daerah, kerena pengelolaan 212 mart yang berbasis syariah ini menerapkan system seperti koperasi, dimana disetiap 212 mart ini melibatkan 100 komunitas yang akan menjadi investor dan pengelola managmen 212 mart,  dimana 100 komunitas lokal ini akan menyerap berbagi produk dan kebutuhan lokal, selain itu penerapan system syariah ini juga dinilai sesuai dengan nilai dan cultur masyarakat Lombok barat, dimana 212 mart ini tidak menjual minuman keras, rokok dan setiap waktu shalat tiba mereka akan mnutup ritel mereka.

Kini 212 mart hanya terdapat di kecamatan labuapi, kedepannya pemerintah daerah akan segera memanggil pihak menagmen 212 mart untuk membicarakan agar keberadan 212 mart terdapat di seluruh kecamatan di lombok barat.(af)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here