Pemotongan Hewan Qur’ban Tahun Ini Berpusat di Islamic Center Mataram (IC) dimana setidaknya ada 20 ekor sapi yang akan di qurbankan, termasuk sumbangan hewan qurban berupa sapi dari presiden RI, Joko widodo.

 

Pemotongan hewan kurban yang berpusat di halaman belakang gedung Islamic Center Mataram sudah dimulai sejak jam 3 pagi, dan akan dilakukan pembagian sekitar jam 2 siang. Yakni sebanyak 1.750 kupon sudah tersebar di wilayah kota mataram. Dimana kupon ini dibagikan kepada warga yang jaraknya dekat dengan lokasi sehingga mudah dijangkau. Hal tersebut diungkapkan Husni Ali Selaku Coordinator penerimaan hewan qurban di Islamic Center.

“ kupon kita bagikan ke warga sekitar aja, ditambah lagi diampenan, kalau yang pinggir-pinggir  sekitaran mataram sudah dapat semua, karena kasian nanti yang alamatnya jauh capek ngambil kesni.”

Lebih lanjut Husni menjelaskan untuk mengantisipasi kericuhaan saat pembagian hewan qurban, pihaknya terlebih dahulu telah mengantisipasinya sehingga dipastikan pembagian hewan qurban yang akan berlangsung akan berjalan dengan aman.

Sementara untuk mengantisipasi kesehatan hewan qurban yang di sembelih di Islamic Center, Dokter hewan Lutfiansyah juga di hadirkan untuk mengecek kesehatan sapi qurban tersebut. Dirinya mengatakan, sampai sejauh ini tidak ada penyakit penyakit berbahaya  yang ditemukan pada hewan yang akan di qurban, seperti penyakit kulit atau bahkan cacing hati, yang banyak terdapat pada hewan qurban di daerah lain

” kita melakukan pemeriksaan secara berlapis ya dari awal sampai ditangan pengepul dan terakhir diterima masyarakat itu sudah kita periksa tapi sejauh ini di NTB sendiri tidak ada yang ditemukan penyakit cacing hati”.(wn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here